SUARA INDONESIA BALIKPAPAN

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Sebut Peran Vital Ayah Pengaruh dalam Keluarga

Redaksi - 12 October 2023 | 14:10 - Dibaca 489 kali
Advertorial Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Sebut Peran Vital Ayah Pengaruh dalam Keluarga
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Fitri Maisyaroh. (Foto: Alawi/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BALIKPAPAN - Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Fitri Maisyaroh mengungkapkan pentingnya peran seorang ayah dalam keluarga. Menurut politisi PKS ini kehadiran sosok ayah akan berpengaruh pada perkembangan pendidikan anak. 

Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam Seminar Untuk Ayah (CLUB AYAH) yang mengangkat tema "Ayah Ada Ayah Tiada". Acara berlangsung di Hotel Mega Lestari, Kamis (12/10/2023).

Diketahui, kegiatan itu bertujuan untuk mengulas peran krusial ayah dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam tumbuh kembang anak-anak.

"Saat ini, peran ayah dalam keluarga seringkali menghilang, dan istilah “fatherless” semakin meresap dalam masyarakat. Perempuan seringkali berperan sebagai kepala keluarga, terutama setelah bercerai, dan peran ayah terlihat kurang kreatif dan inovatif," ungkap Fitri. 

Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa peran ayah tidak boleh diabaikan. Menurutnya, sentuhan, komunikasi, dan kohesivitas keluarga bergantung pada peran ayah. 

"Sosok ayah tak tergantikan oleh apapun. Jika tak ada peran ayah, itu membahayakan keluarga. Terkadang ayah sibuk dengan hal-hal yang disukainya, sementara urusan rumah dikerjakan oleh ibu," ujarnya.

Lebih jauh, Fitri mengungkapkan, bahwa ketiadaan peran ayah dapat berdampak negatif pada anak-anak. "Anak-anak mungkin menjadi kurang tegas, anak perempuan lebih sensitif, anak laki-laki mungkin kehilangan maskulinitasnya, dan bahkan ada kemungkinan munculnya orientasi seksual yang berbeda," katanya. 

"Semua itu dikarenakan ayah tidak hadir atau tidak memainkan peran yang cukup dalam kehidupan anak," lanjutnya.

Seminar ini merupakan bagian dari upaya Pemberdayaan dan Peningkatan Keluarga Sejahtera, serta Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga. 

Diharapkan, acara itu, dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran ayah dalam keluarga, serta menginspirasi langkah-langkah konkret untuk memperkuat hubungan keluarga. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya