SUARA INDONESIA
Banner

Lantik Pengurus PWI Kutim, Endro: Anggota PWI Wartawan yang Kompeten

KUTAI TIMUR - Melantik langsung pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutim masa bakti 2020-2023 di Hotel Victoria, Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi dalam sambutannya menegaskan bahwa anggota PWI adalah wartawan yang kompeten. Kamis (18/01/2021).

Penegasan tersebut menurutnya berdasarkan syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota, pengurus dan ketua dari organisasi PWI adalah wartawan yang telah mengantongi kartu sertifikasi uji kompetensi wartawan, baik tingkatan Muda, Madya maupun Utama.

Lebih lanjut dirinya juga menyebutkan bahwa PWI adalah organisasi profesi pers tertua dan merupakan konstituen Dewan Pers yang dibentuk sesuai Undang Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 yang dimaksudkan untuk memberikan perlindungan bagi wartawan apabila terjadi suatu permasalahan terkait pemberitaan.

"Wartawan yang tergabung dalam PWI sudah pasti kompeten dan berkualitas karena sudah mengantongi kartu uji kompetensi. Ini saya sampaikan bukan untuk mengecilkan teman-teman yang tergabung di organisasi profesi yang lain, namun untuk memberikan pemahaman kepada teman-teman, mari kita berorganisasi dengan organisasi profesi yang tepat sesuai dengan Undang Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999," jelasnya.

Dikonfirmasi disela-sela kegiatan, Ketua PWI Kutim Ibnu Djuraid menyampaikan bahwa kedepannya PWI Kutim akan terus berupaya memberikan kontribusi terbaik dengan memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat serta masukan dan kritikan yang membangun bagi pemerintah daerah.

Selain itu, Ibnu juga menyampaikan bahwa dalam kepemimpinannya saat ini, dirinya beserta seluruh pengurus dan anggota PWI Kutim akan memaksimalkan berbagai potensi yang dimiliki untuk memajukan organisasi yang dipimpinnya tersebut.

"Kami akan berusaha memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan dan perkembangan Kutai Timur, terutama dalam hal informasi dan pemberitaan," tegasnya.


Sebelumnya, mewakili Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Asisten Pemkesra Suko Buono dalam sambutannya di acara pelantikan yang diselenggarakan di Ruang Pelangi Hotel Victoria tersebut berharap melalui PWI Kutim, wartawan dapat memiliki kemampuan yang lebih baik lagi sehingga dapat semakin optimal dalam memberikan informasi kepada pemerintah untuk menuju pemerintah yang lebih baik, mengingat wartawan adalah mata dalam sisi sosial dan penyampai masyarakat.


"Semoga wartawan di kutim dapat menjadi semakin profesional. Mari kita jalin kerjasama yang baik sehingga kutim dapat lebih majudari sebelumnya," tutupnya.

Apa Reaksi Anda?